Info CPNS

cpns

PROFIL BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KABUPATEN SINTANG

Badan Kepegawaian Daerah ( BKD ) Kabupaten Sintang merupakan unsur pendukung tugas Pemerintah Daerah di bidang Kepegawaian Daerah yang dipimpin oleh seorang Kepala Badan yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah, yang tugas dan fungsinya dikoordinasikan oleh Asisten Administrasi.

 

Pembentukan Organisasi dan Tata kerja Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sintang berdasarkan Keputusan Bupati Sintang Nomor 359 tahun 2000 tentang petunjuk pelaksanaan peraturan daerah kabupaten sintang nomor 14 tahun 2000 tentang pembentukan organisasi perangkat daerah mengenai susunan dan tata kerja Badan Kepegawaian Daerah , disebutkan tugas pokok Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sintang adalah melaksanakan sebagian kewenangan Kabupaten dibidang Kepegawaian dan tugas kedinasan lainnya.

Seiring dengan berlakunya otonomi daerah, Pemerintah Kabupaten Sintang telah melakukan reorganisasi perangkat daerah dengan berpedoman pada Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Organisasi Perangkat Daerah, yang ditindak lanjuti dengan Peraturan Daerah Kabupaten Sintang Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Susunan Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Sintang. Peraturan Daerah tersebut ditindak lanjuti dengan Peraturan Bupati Sintang Nomor 45 Tahun 2008 Tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sintang.

 

Pejabat yang pernah memimpin Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sintang sejak terbentuknya Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sintang diantaranya adalah :

1. Drs. A. Syuman Kurik, MM

Menjabat sebagai Kepala BKD Kabupaten Sintang dari Tanggal 11 April 2001 s/d 2 Pebruari 2003

2. Dra. Rosmiaty Simanjuntak, M.Si

Menjabat sebagai Kepala BKD Kabupaten Sintang dari tanggal 3 Pebruari 2003 s/d 30 Juni 2010.

3. Ir. Veronika Ancili, M.Si

Menjabat sebagai Plt. Kepala BKD Kabupaten Sintang dari tanggal 1 Juli 2010 s/d 27 Maret 2011.

4. Ir. Veronika Ancili, M.Si

Menjabat sebagai Kepala BKD Kabupaten Sintang dari tanggal 28 Maret 2011 s/d sekarang.

TUGAS POKOK DAN FUNGSI SERTA STRUKTUR ORGANISASI

I. Tugas Pokok

Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sintang mempunyai tugas :

Melaksanakan sebagian kewenangan Pemerintah Kabupaten di bidang Kepegawaian dan Tugas Kedinasan lainnya yang dilimpahkan oleh Bupati.

II. Fungsi

Untuk menyelenggarakan tugas pokok tersebut diatas, Badan Kepegawaian Daerah mempunyai fungsi :

a. Penyiapan penyusunan Peraturan, Perundang-undangan Daerah di bidang kepegawaian sesuai dengan norma, standar dan prosedur yang ditetapkan pemerintah.

b. Perencanaan pengembangan kepegawaian daerah.

c. Penyiapan kebijakan teknis pengembangan kepegawaian daerah.

d. Penyiapan, pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian Pegawai Negeri Sipil sesuai dengan norma, standar dan prosedur yang ditetapkan dalam Peraturan Perundang-undangan.

e. Penyiapan dan penetapan pensiun Pegawai Negeri Sipil Daerah.

f. Perencanaan kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil Daerah sesuai dengan norma, standar dan prosedur yang ditetapkan dalam Peraturan Perundang-undangan.

g. Penyelenggaraan administrasi, data, informasi dan dokumentasi Pegawai Negeri Sipil Daerah.

h. Penyiapan calon peserta pendidikan dan pelatihan bagi pegawai negeri sipil daerah dengan berkoordinasi dengan instansi terkait.

i. Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan Pegawai Negeri Sipil Daerah sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan daerah.

j. Pengelolaan administrasi umum meliputi penyusunan program, ketatalaksanaan, ketatausahaan, keuangan, kepegawaian, rumah tangga, perlengkapan, humas dan arsip di bidang kepegawaian daerah.

k. Pelaksanaan evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas dan fungsi.

l. Penyusunan penetapan kinerja di bidang kepegawaian.

m. Penyusunan analisa jabatan.

n. Penyusunan pengawasan melekat.

o. Penyusunan Laporan Akuntabilitas Instansi Pemerintah di bidang Kepegawaian Daerah.

p. Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang dilimpahkan oleh Bupati.